Jelajahi Wisata Goa di Pinggir Pantai yang Menawan

Jelajahi Wisata Goa di Pinggir Pantai yang Menawan – Di berbagai pantai yang terkenal di Indonesia, tenyata menyimpan pesona goa-goa yang menambah keindahan objek pinggir pantai. Di antara goa-goa tersebut, dapat ditelusuri hingga ke dalam. Keberadaan goa tersebut menambahkan kesan dan pengalaman ketika berkunjung ke pantai di dekatnya. Berikut ini beberapa tempat wisata goa di pinggir pantai yang menawan yang dapat dijelajahi.

Beberapa Alternatif Wisata Goa di Pinggir Pantai yang Menawan :

1. Goa di Pantai Sawarna

Goa Lalay

Inilah salah satu Goa di pinggir pantai yang berada di pantai Sawarna, Banten. Goa Lalay ini adalah salah satu goa yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Di dalam goa Lalay akan terlihat berbagai stalagtit dan stalagnit yang bergantungan sepanjang goa. Di goa Lalay ini sering digunakan kelelawar untuk beristirahat dan bersarang. Semakin dalam memasuki goa, maka semakin dalam pula tanah berair yang dipijak.

Goa Langir

Jika Goa Lalay cenderung basah, sebaliknya Goa Langir ini sangat kering. Di sekitar goa terdapat banyak tebing-tebing tinggi menjulang yang dapat dipanjat. Selain tebing, terdapat juga pasir putih yang tak kalah indahnya dengan pasir putih di pantai. Dalam sejarah, Goa Langir ini pernah dipakai sebagai tempat peristirahatan para penjajah Jepang selama masa perang.

Goa Harta Karun

Goa Harta Karun ini pas sekali sesuai namanya yang unik dikarenakan konon goa ini pernah dijadikan tempat menyimpan harta karun oleh pasukan penjajah Jepang. Goa te menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu dari goa di pinggir pantai.

Goa Seribu Candi

Goa yang satu ini paling unik dibanding lainnya karena terdapat banyak batu-batu yang menyerupai patung. Belum diketahui asal muasal patung tersebut serta kegunannya belum diketahui. Namun menurut cerita, konon tempat ini dulunya sering digunakan sebagai tempat bersemedi.

Karena kondisi goa Seribu Candu ini relatif cukup gelap, pengunjung harus membawa senter untuk menerangi jalan. Lebih baik lagi jika ditemani seorang pemandu setempat karena di beberapa titik tertentu masih banyak ular yang berbahaya. Jasa warga setempat juga bisa dimintai memandu ke goa seribu candi bahkan bisa juga ke beberapa goa di pinggir pantai yang lainnya yang berada di Sawarna.

 

2. Goa di Pangandaran

Goa Panggung

Disebut Goa Panggung karena bentuknya yang mirip panggung. Dalam Goa terdapat sebuah makam yang menurut warga merupakan makam Mbah Jaga Lautan atau disebut juga Kyai Pancing benar, yang konon keponakan penguasa Nyi loro kidul.

Goa Cirengganis

Terdapat sebuah sumber mata air yang menurut warga konon sumber mata air yang terdapat di Goa Cirengganis ini tak pernah kering meski pada musim kemarau. Ada juga yang mengatakan bahwa airnya dapat membuat awet muda.

Goa Lanang

Goa bekas patilasan kerajaan Pananjung ini dulunya digunakan sebagai keraton sementara. Disebut goa lanang karena di dalam Goa ini terdapat sebuah batu yang menyerupai kelamin laki-laki yang disunat. Hal yang unik adalah adanya sebuah batu gamelan yang bila ditabuh dapat menghasilkan bunyi-bunyian layaknya gamelan.

Goa Parat

Panjangnya kurang lebih sekitar 200 meter dan sangat menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Bila ditelusuri, goa ini bisa tembus hingga pantai. Konon, goa ini merupakan salah satu patilasan Syeh Ahmad dan Syeh Muhammad  yang menyebarkan ajaran agama Islam di masa kerajaan pananjung.

Dalam Goa Parat ini ada sebuah stalagtit yang menyerupai alat kelamin laki – laki – dan perempuan, dan ada juga yang mirip landak, kelelawar, unta serta paha ayam.

Goa Sumur Mudal

Dulunya terdapat sebuah sumber mata air yang membentuk sebuah sumur dan air yang dikeluarkannya seperti bergolak ke atas (mudal), oleh sebab itu dinamakan goa Sumur Mudal.

Goa Karang Bolong

Goa Karang Bolong atau Goa Batu Bolong terdapat sebuah batu karang yang berdiri kokoh ditengah laut yang bolong, bila air sedang surut dapat dilalui perahu. Oleh sebab itu dinamakan goa karang bolong.

Goa Miring

Disebut Goa Miring atau goa cemped, dinamai demikian karena untuk dapat masuk dalam goa ini para wisatawan harus memiringkan badan. Dalam Goa Miring ini terdapat sebuah menyerupai mahluk gaib yang mirip kuntilanak dan pocong, ada juga yang mirip tengkorak serta batu bidadari.

 

3. Goa di Parangtritis

Goa Langse

Salah satu tempat wisata goa di pinggir pantai yang menarik adalah Goa Langse adalah tempat yang cocok untuk bersemedi dan bertapa.Goa Langse ini adalah tempat spiritual, karena tempat ini petilasan leluhur tanah Yogya.

Selain wisata spiritual di Goa Langse ini benar-benar menguji nyali yang memacu adrenalin. Medan untuk menuju ke Goa Langse terbilang tidak mudah. Letak goa ini di Desa Giricahyo, Kec Purwosari, Kab.Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak goa ini dari Pantai Parangtritis masih sekitar 3 km ke arah timur.

Untuk Menuju Goa Langse harus berhati-hati, karena jalannya menanjak hingga parkiran. Dan dari parkiran menuju ke Goa Langse pengunjung dapat berjalan kaki karena medan yang ditempuh tidak bisa dilalui menggunakan kendaraan.

Dari parkiran menuju Goa Langse dengan berjalan menempuh 1 km dan menyusuri jalan setapak yang dipenuhi pohon-pohon yang rimbun.

Selain tidak rata, jalannya juga menanjak. Setelah jalan setapak, sampai di bibir tebing maka inilah ujiannya dari perjalan menuju Goa Langse. Pada bibir tebing terdapat dua batu besar yang merupakan pintu utama ke goa mistis ini. Menaiki tebingnya harus berhati hati.

Jalan ini sebenarnya adalah perpaduan antara tangga, bebatuan, dan akar pohon. Karena tebing ini persis di atas tepi laut dengan deburan ombak yang kencang khas pantai selatan maka tempat ini cukup berbahaya.

Sampai ditempat ini, di dalam goa pengunjung harus menghormati peraturan yang ada seperti larangan memotret dengan cahaya, dan sebagainya.

Perjalanan wisata menjelajahi goa pinggir pantai sangat seru dilakukan. Tantangan dan pengalaman yang diperoleh pun akan meninggalkan kesan liburan yang tak terlupa. Dari sekian banyak alternatif tempat wisata goa di pinggir pantai yang sudah diulas di atas, bisa menjadi rujukan jika ingin mengeksplor lebih lanjut secara langsung untuk memilih destinasi wisata yang disukai. Selamat berlibur.

Leave a Reply