Wisata Pantai Mangrove dan Wisata Hutan Mangrove yang Penuh Daya Tarik di Indonesia

Wisata Pantai Mangrove dan Wisata Hutan Mangrove yang Penuh Daya Tarik di Indonesia – Begitu banyaknya manfaat tanaman Mangrove atau bakau yang tumbuh di perairan tepi pantai. Selain manfaatnya dalam menjaga daratan dari abrasi air laut, hutan mangrove ini juga memberikan daya tarik wisata karena pesona keindahannya yang asri yang memberikan pemandangan yang unik di pinggir pantai. Terdapat berbagai tempat wisata hutan mangrove yang akan memberikan pengalaman berbeda dari wisata pantai lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata pantai mangrove dan hutan mangrove yang penuh daya tarik di Indonesia.

  1. Wisata Hutan Mangrove PIK – Pantai Indah Kapuk

Mengunjungi hutan mangrove tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh semisal ke Jawa Timur. Taman Wisata Hutan Mangrove PIK – Pantai Indah Kapuk dapat dijadikan destinasi piknik yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk – Travelingspot.info

Untuk menempuh lokasi, jika dari halte Monas kita naik BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) Jurusan PIK, turun di depan yayasan Buda Tzu Chi, yang dibelakangnya adalah hutan wisata alam mangrove. Tiket masuk tempat ini Rp 25.000. Wisata di hutan Mangrove PIK ini amat menyenangkan dilakukan ketika pagi hari sebelum terik matahari memanaskan lingkungan ini.

Keindahan kawasan wisata hutan Mangrove PIK membuatnya sering dijadikan lokasi foto prewedding dan sebagainya. Di tempat ini juga bisa camping yang sudah diakomodasi fasilitas yang memadai baik pilihan camping ground ataupun villa.

Bagi yang ingin berwisata singkat bisa berjalan-jalan mengenali tanaman mangrove ke seluruh area taman wisata hutan Mangrove dan melihat burung-burung dari menara. Banyak sekali burung putih sejenis belibis yang ada di area wisata Mangrove tersebut. Taman wisata mangrove PIK ini dekat sekali lokasinya dengan bandara karena kita dapat melihat lalu lintas pesawat yang terbang cukup rendah. Di sana juga menyediakan aneka wisata air, bisa canoeing maupun sepeda air yang berupa bebek besar, pas bagi yang mendambakan kesejukan setelah tersengat matahari saat mengelilingi area mangrove.

Selain itu di sini terbuka juga untuk penanaman mangrove. Di sana banyak tanaman mangrove ditanam oleh pihak CSR swasta dan umum.

Kita bisa mengunjungi semua lokasi di taman hutan mangrove ini termasuk ke area pantai, yang mana suhunya lebih panas lagi. Taman wisata hutan mangrove PIK ini cukup terawat baik dengan fasilitas mushalla cukup besar dengan gerbangnya yang cantik, toilet yang bersih, dan airnya lancar.

  1. Wisata Pantai Mangrove di Pulau Untung Jawa

Di pantai kepulauan Seribu, Jakarta ini ditumbuhi bakau jenis Rhizophora stylosa. Kondisinya bagus dan dan cukup lebat, dan bahkan beberapa di antaranya sudah tumbuh sangat besar. Kita bisa berkeliling menikmati pantai mangrove di pulau untung jawa melalui water bricks sebagai jalur tracking yang terbuat dari beton yang kokoh yang berguna menahan abrasi laut. Hal ini dapat menambah daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi pantai mangrove di kepulauan seribu ini bersama keluarga dan sahabat anda.

Wisata pantai Mangrove di Pulau Untung Jawa – Travelingapot.info

Pada pantai mangrove di pulau Untung Jawa ini terdapat lokasi pembibitan yang terletak di bawah mangrove yang sudah besar, sehingga tak membutuhkan tempat pembibitan buatan khusus yang disebut dengan bedeng. Secara umum, Pulau Untung Jawa merupakan pulau yang peduli dalam melindungi hutan mangrove-nya. Hal ini terbukti dengan adanya kelompok tani mangrove yang sangat aktif menjalankan program pelestarian ekosistem mangrove. Di Pulau Untung Jawa ini juga pemerintah telah membuat program penanaman mangrove kepada setiap pengunjung pulau yang akan diterapkan di pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu.

  1. Wisata Pantai Mangrove Kampoeng Nipah

Pantai Mangrove Kampoeng Nipah yang terletak di Sumatera Utara ini adalah salah satu pantai mangrove yang terkenal di Indonesia. Pantai Mangrove Kampoeng Nipah ini juga terkenal pantai mangrove yang sangat terjaga kebersihan dan keasriannya. Terlihat keindahannya pada hamparan pasir putihnya berjejer pondok-pondok yang dibuat dari kayu dengan atap rumbia. Duduk di pondok ini membuat siapa saja betah berlama-lama duduk menatap keindahan pesona Pantai Mangrove Kampoeng Nipah ini.

Wisata Pantai Mangrove di Kampoeng Nipah – Travelingspot.info

Pemandangan burung bangau putih terbang rendah melayang-layang di permukaan pantai menambah pesona pantai ini. Burung-burung tersebut hinggap di tempat yang memudahkannya memangsa ikan di sepanjang pantai ini. Benar saja tak lama setelah mendapatkan ikan di paruhnya ia terbang cukup tinggi, dan hinggap di antara batang-batang kayu yang menancap kokoh.

Pepohonan yang tumbuh di tepian pantai mangrove ini tidak begitu rindang, sehingga matahari begitu terik membakar kulit pada siang hari, sehingga lebih baik untuk mengunjungi pantai mangrove Kampoeng Nipah saat pagi. Untuk beristirahat kita dapat memanfaatkan pondok-pondok yang tidak berpenghuni di sekitarnya.

  1. Wisata Hutan Mangrove Pasir Mendit Jogja

Hutan Mangrove Pasir Mendit adalah salah satu tujuan wisata yang lagi populer di Jogja yang lokasinya dekat dengan Pantai Congot. Lokasi tepatnya di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Letaknya tepat di sebelah barat Sungai Bogowonto.

Wisata hutan mangrove pasir mendit Jogja – Travelingspot.info

Rute menuju ke hutan mangrove Pasir Mendit ini sangat mudah, dari kota Jogja melewati jalan raya Jogja-Wates. Sampai di perbatasan kulon progo ke arah purworejo kurang lebih sekitar 20 km hingga patung kuda kota Wates masih kebarat lagi, pertigaan terminal wates ambil kiri. Dari terminal Wates jaraknya masih sekitar 10 km.

Untuk memasuki kawasan wisata hutan mangrove Pasir Mendit Jogja, pengunjung membayar tiket masuk Rp. 4.000 (untuk konservasi), Rp. 2.000 per motor. Sayang, belum banyak fasilitas di tempat wisata ini. Jika ingin piknik dan berjalan-jalan ke hutan Mangrove Pasir Mendit sebaiknya di pagi hari atau sore hari saja agar tidak terlalu panas.

Demikian artikel mengenai beberapa tempat wisata pantai mangrove dan wisata hutan mangrove yang penuh daya tarik di Indonesia. Dengan berwisata dan mengenal lebih dekat kepada alam hutan mangrove ini, kita jadi mengerti manfaat pelestariannya sehingga kondisi alam ini lebih terjaga demi keseimbangan ekosistem.

Leave a Reply