Tips nyaman tidur di Airport saat pesawat delay

Hal yang paling mengesalkan itu ketika kita hendak melakukan penerbangan, namun karena satu dan lain hal pesawatnya delay atau cancel. Masih mending delay satu atau dua jam, kalo delay 12 jam atau di reschedule keesokan harinya? Maka siap-siap kita mengeluarkan budget extra untuk menginap.

Permaslahan muncul lagi, mencari penginapan sekitar airport juga tidak murah. Padahal kita tidak menginap sampai 24 jam. Maka banyak orang umumnya memutuskan untuk tidur di airport. Masalahnya, tidur di airport juga tidak senyaman yang kita kira. Selalu saja ada gangguan dari sana-sini.

Ngga harus ngeluh-ngeluh jika kita harus menginap di airport. Dibuat enjoy saja, karena hal-hal seperti ini bisa kita antisipasi jika kita mempersiapkannya dari awal. Berikut beberapa tips sederhana yang membuat tidur kita lebih nyaman di airport:

  1. Cari Spot Tidur di Area Kedatangan

Di bandara internasional biasanya spot untuk menginap selalu disediakan. Tapi tidak semua memiliki fasilitas ini. Pilihannya kita bisa tidur di kursi. Hindari tidur dilantai, karena bisa membuat masuk angin. Karena agak janggal ceritanya hanya karena ingin menghemat kita malah jadi masuk angin. Survey dahulu beberapa spot kursi yang layak untuk tidur, setidaknya kursi dengan bahan busa atau sofa, bukan di kursi stainless yang dingin.

  1. Pasang Alarm

Hati-hati bangun kesiangan,  berbeda dengan tidur dihotel, dimana kita bisa pesan ke resepsionis untuk membangunkan, resiko melakukan penerbangan sendiri adalah tidak ada yang membangunkan. Atau ketika traveling rame-rame bersama teman atau keluarga, taunya sama-sama ketiduran. Akhirnya malah terlewat jadwal penerbangan. Mau hemat malah boros.

Solusinya cuma satu, pasang alarm. Hal sepele namun jangan coba-coba meremehkan hal ini. Setel waktu alarm yang bisa membangunkan kita tepat waktu, agar tidak ketinggalan jadwal keberangkatan pesawat. Selain itu saat anda sudah terbangun,  Anda juga perlu membangunkan teman maupun keluarga anda yang pada saat itu berlibur bersama dengan anda agar anda bisa pulang secara bersama – sama.

  1. Pasang Pengaman

Tidur di airport, resikonya rawan pencurian. Saat bepergian, mungkin kita perlu bawa barang yang banyak. Untuk barang seperti koper berisi pakaian, bisa taruh bagasi, tapi barang berharga seperti laptop, hape, tablet dan uang tunai, tentu kita bawa baik itu menggunakan tas jinjing atau ransel.

Usahakan barang bawaan dekat dengan Anda. Jika membawa ransel, bisa tidur dengan memeluk ransel. Selain berguna untuk menghangatkan badan, juga membuat barang bawaan lebih aman. Jika membawa koper, gunakan gembok mini untuk mengamankan resletingnya, dan taruh kaki di atas koper. Memang sebaiknya lebih baik untuk tidak memasukkan barang berharga ke dalamnya.

  1. Pakai Baju yang Nyaman

Gunakan baju yang nyaman. Jika masih pake kemeja, ganti dengan kaos, gunakan sweater atau jaket. Salah satu hal yang perlu di perhatikan sebelum tidur di airport adalah udara dingin dari AC. Boleh juga menggunakan baju dua lapis dan kaus kaki. Mungkin ada baiknya kita memasukkan semua pakaian ke dalam bagasi. Setidaknya ada spare pakaian yang bisa digunakan di saat darurat seperti ini.

  1. Bantal Leher

Biasakan untuk membawa bantal leher saat melakukan penerbangan. Jika Anda khawatir bantal leher akan menghabiskan space barang bawaan, cari bantal leher yang model tiup, sehingga bisa dikempiskan saat tidak digunakan. Resiko tidur di airport tanpa bantal leher, bisa membuat sakit leher ketika bangun. Akhirnya penerbangan jadi tidak nyaman. Namun hal-hal seperti ini tidak perlu terjadi jika kita telah mempersiapkannya dari awal.

  1. Sewa Tempat Untuk Tidur

Saat traveling ke berbagai daerah atau Negara, terkadang di negara tersebut sudah tersedia beberapa penyewaan tempat tidur di dalam Airport. Jangan lewatkan fasilitas ini. Memang jadinya harus mengeluarkan biaya, namun tidak semahal jika menginap di hotel.

Dan tentunya menggunakan fasilitas penyewaan tempat tidur, jauh lebih nyaman dari pada harus tidur disembarang kursi ruang tunggu. Enaknya lagi, biasanya tempat tidur yang disewakan sudah ada mode getarnya yang bisa diseting untuk membangunkan kita.

Tidur di airport ngga harus repot. Delay saat penerbangan sudah biasa terjadi. Demikian beberapa tips yang mungkin berguna agar tidur lebih nyaman di airport.  Selamat Mencoba.

Image: Under CCO License, pexels.com

Leave a Reply