Traveling Rame-Rame, Perhatikan Aturan Mainnya  

 

Travelling atau berpetualang di alam seorang diri akan membuat kita kesepian,  sebaliknya saat kita menjalani traveling dengan rame-rame dan banyak temannya  akan cenderung membuat  moment travelling akan terkesan lebih menyenangkan.

Namun Anda harus mengingat suatu hal, saat kita berpetualangan ataupun traveling dengan banyak teman,  kita tidak bisa memiliki aturan sendiri. Sebab aturan yang kita buat haruslah dengan kepangkatan  bersama.

Hal itulah yang membuat Anda harus mengetahui beberapa aturan – aturan main untuk para traveller yang rame – rame, agar salah satu dari mereka tidak ada yang terpisah dari gerombolan.  Dan traveller pun bisa berjalan dengan baik tanpa adanya suatu gangguan.

Beberapa aturan yang diperuntukan untuk para traveller rame-rame ini bukan hanya berlaku saat beberapa kegiatan saja seperti naik gunung atau pergi berpetualang ke hutan Rimba. Namun juga berlaku untuk semua hal tentang travelling ke kota ataupun touring dengan kendaraan.

Hal-hal yang telah menjadi aturan main untuk traveling rame-rame ini  haruslah dipahami untuk menjaga keamanan  saat melakukan traveling.  Berikut aturan mainnya!

  1. Koordinasi Sebelum Berangkat

Yang namanya berangkat bersama-sama haruslah berkoordinasi bersama sebelum berangkat. Entah itu tentang keberangkatan maupun tentang hal yang akan dilakukan, serta tujuan yang menjadi tempat travellingnya.  Dan untuk menghindari kelupaan, lebih baik Anda mendetail semuanya dan mencatat di sebuah catatan kecil. Pastinya antara satu orang dengan orang yang lainnya haruslah mempunyai catatan kecil.

  1. Tentukan Siapa Leader Tim

Hal ini tentu juga sangatlah penting sekali. Dengan memilih seorang yang dapat dipercaya, selalu ngomong yang benar, tidak ditutup-tutupi dan tegas akan bisa dicontoh  yang lainnya.  Maka dari itu, sebelum Anda berangkat travelling sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu leader tim dan pastinya haruslah seseorang yang pernah datang ke tempat yang akan anda tuju.

  1. Buatlah Grup Whatsapp atau Line atau BBM

Dengan membuat sebuah grup akan bisa menyatukan informasi dari sebuah tim.   Dengan begitu penting sekali buat anda dalam membuat sebuah grup dengan nama yang mudah untuk diingat. Selain itu, hal ini juga bisa memberitahu antara satu tim ke tim yang lain saat terjadi sebuah hambatan atau rintangan.

  1. Tetaplah Berkelompok

Tetap menjadi satu kelompok yang utuh merupakan suatu hal yang perlu Anda lakukan saat ingin traveling rame-rame. Hal ini untuk jaga – jaga saat tidak ada sinyal atau HP mati semua. Dengan berkumpul bersama, akan bisa menuntaskan semua masalah maupun rintangan yang akan dihadapi saat  berpetualang nanti.

  1. Update Situasi

Update setiap waktu situasi, jika perlu Anda lakukan  dengan cara memosting foto maupun mengupdate suatu status akan bisa mempermudahkan  antara satu orang dengan orang yang lainnya mengetahui kondisi dari tim travelling anda.

  1. Buatlah Tanda di Pohon atau Tiang

Dengan membuat sebuah tanda di pohon atau tiang, juga sangatlah penting untuk anda lakukan saat traveling.  Sebab saat anda sudah sampai duluan,  berikanlah sebuah tanda agar teman Anda yang di belakang bisa mengetahui arah mana yang akan dituju. Apalagi saat sudah berpisah sangat jauh maka sebisa mungkin untuk Anda mengetahui beberapa cara yang telah menjadi sebuah tanda,  agar teman Anda bisa mengetahui jalur untuk travellingnya.

Itulah beberapa aturan main  untuk Anda saat traveling rame-rame, selain beberapa cara di atas, anda pun juga perlu melakukan beberapa cara yang lainnya seperti menentukan dimana titik kumpulnya, mengetahui resikonya, kurangi terlalu banyak ngomong, serta saat Anda pergi dengan anak-anak jangan asik sendirian dan bikin seragam yang sama, agar mudah untuk diketahui saat ada salah satu teman Anda yang nyasar.

Image: Under CCO License, pexels.com

Leave a Reply